breaking news New

TAK HANYA SATU SOTO AYAM, INDONESIA PUNYA BANYAK JENIS SOTO AYAM DARI BERBAGAI DAERAH

Soto merupakan makanan berkuah yang nikmat disantap kapan pun. Soto di Indonesia beragam bentuk dan rasa, yang menyesuaikan asal daerah soto itu. Jenis isian yang jadi menu utama di soto pun beragam, mulai dari daging ayam, daging sapi, udang, babat, kikil, dan jeroan. Kuahnya ada yang bersantan, kuah bening, dan kuah susu.

1. Soto Lamongan
Soto Lamongan terbuat dari daging ayam kampung yang dilengkapi dengan tauge, sayur kol, seledri, potongan telur rebus, bawang goreng dan sambal yang disiram dengan kuah kaldu. Soto Lamongan bercita rasa gurih karena ditaburi dengan bubuk koya, yaitu kerupuk udang yang dihaluskan.

2. Soto Medan
Soto ayam Medan terdiri dari isian daging ayam, telur rebus, kentang goreng, dan perkedel. Soto Medan berkuah kental karena berasal dari campuran santan dan kaldu ayam.

3. Soto Blora
Soto Blora berasal dari Surabaya. Soto Blora berkuah bening dan segar, dan terdiri dari soun, tauge, daging ayam suwir, irisan kucai, dan sambal. Soto Blora biasanya disajikan dengan kremesan yang dibuat dari singkong goreng. Kremesan ini menjadi daya tarik soto blora tersendiri.

4. Soto Kudus
Soto Kudus mempunyai 2 jenis, soto ayam dan soto kerbau. Soto ayam kudus menggunakan ayam kampung. Cita rasanya cenderung manis dibandingkan jenis soto lainnya, kuah sotonya pun terbilang encer.

5. Soto Bangkalan
Soto bangkalan merupakan salah satu varian soto Madura. Soto ini terdiri dari tauge, soun, ayam atau jeroan, serta kentang goreng dan berkuah kuning pekat.

6. Soto Kemiri
Soto ini berasal dari daerah Pati, Jawa Tengah dan kabupaten sekitarnya. Soto ayam ini memiliki kuah agak kental dengan rasa kemiri yang kuat. Isian soto kemiri mirip dengan soto Boyolali yang sederhana. Namun kuah soto kemiri berwarna kuning pekat dan rasanya gurih.

7. Soto Boyolali
Ciri khas soto Boyolali ada pada kuah bening tanpa tambahan kunyit, rasanya ringan dan cocok dipadukan oleh berbagai gorengan atau sate-satean. Isinya tergolong sederhana, terdiri dari soun, tauge, seledri, dan ayam suwir.

Itulah beberapa jenis soto ayam yang ada di Indonesia. Apa kamu tahu ada soto ayam yang belum disebutkan di atas?