breaking news New

Makanan Yang Wajib Kamu Coba Di Purwakarta

Purwakarta memiliki berbagai macam jajanan khas yang mungkin tidak dapat ditemui di kota lain. Banyak orang dari luar kota Purwakarta berbondong-bondong mengunjungi Purwakarta untuk mencicipi makanan khas Purwakarta. Berikut makanan yang wajib kamu coba jika mengunjungi kota ini!

1. Simping Oleh-Oleh Khas Purwakarta
Simping merupakan cemilan atau makanan ringan yang terbuat dari campuran tepung tapioka dan tepung terigu yang diberi citarasa khusus yang manis dan gurih. Dimasak dengan cara dipanggang menggunakan cetakan khusus.

Penampakannya seperti krupuk berbentuk bulat dan pipih. Kamu tidak akan bosan saat memakannya karena tipis dan renyah sehingga tidak membuat mulut cepat capek mengunyah. Simping ini memiliki berbagai macam pilihan rasa dan warna. Awal penciptannya, simping hanya berwarna putih saja namun saat ini ada pilihan yang lainnya yaitu merah muda, hijau dan kuning. Untuk pilihan rasa yaitu pandan, nangka, stroberi, durian, cokelat. Selain itu, ada rasa uniknya juga lho, yaitu rasa jahe, kencur dan cabai.

2. Kerupuk Ro
Kerupuk Ro atau yang lebih dikenal dengan kerupuk melarat adalah salah satu makanan khas berasal dari Purwakarta. Disebut sebagai kerupuk melarat karena kerupuk ini digoreng tidak menggunakan minyak. Kerupuk Ro ini terbuat dari aci singkong dan disangrai terlebih dahulu, lalu digoreng dengan menggunakan pasir.

Karena prosesnya yang cukup unik ini, membuat cita rasa Kerupuk RO menjadi khas dan berbeda dengan kerupuk lainnya. Anda dapat menemukan kerupuk RO di daerah Plered. Kerupuk ini bisa Anda jadikan buah tangan khas dari Purwakarta.

3. Mie Pelangi 3 Warna
Purwakarta memiliki kuliner mie yang unik dan terkenal, namanya yaitu Mie 3 Warna Pelangi Purwakarta. Mie di sini bisa dibilang lebih sehat dari mie pada umumnya, karena menggunakan pewarna alami. Pewarna tersebut didapatkan dari buah naga, akar bit, sawi/sosin, dan wortel.

Dengan demikian warnanya agak redup tidak mencolok seperti dengan menggunakan warna bahan kimia. Tekstur dari mie ini sangat padat, lembut, dan kenyal. Penyajiannya mirip dengan mie ayam biasa dengan menggunakan bumbunya yang khas.