breaking news New

Ini Dia 3 Sajian Nasi Kuning Dari 3 Daerah Yang Berbeda

Nasi kuning adalah salah satu kuliner khas Indonesia yang berwarna kuning cerah sehingga terlihat cukup menggoda untuk dimakan. Nadi kuning dibuat dengan nasi yang dipadukan dengan santan dan berbagai macam bumbu rempah khas Indonesia seperti kunyit, jahe, daun salam, lengkuas, sereh, daun pandan, dan lain lain.

Sajian ini sangat identic dengan perayaan khusus seperti Hari Kemerdekaan, syukuran, dan banyak acara lainnya. Mengapa begitu? Karena nasi kuning terdiri dari porsi nasi yang sangat banyak dan dengan berbagai macam lauk. Sehingga makanan tersebut cukup jika disajikan untuk banyak orang. Di luar itu, adat istiadat juga cukup kental dalam makanan ini, terdapat sebuah makna yang mungkin cukup berarti di setiap acara yang diadakan.

Namun, nasi kuning disetiap daerah ternyata cukup berbeda. Berikut 3 sajian nasi kuning dari 3 daerah yang berbeda.

1. Nasi Kuning Sunda

Nasi kuning khas sunda ini wajib kamu coba, beberapa orang menyantap makanan ini sebagai menu sarapan yang ditawarkan dengan harga yang cukup terjangkau.

Sama dengan nasi kuning pada umumnya, nasi ini juga diolah dengan bumbu rempah dan santan sehingga menciptakan aroma yang sangat gurih dan nikmat. Lauk dari nasi kuning sunda ini berisi orek tempe, telur dadar, dan telur balado. Terdapat pula nasi kuning dengan porsi semangkuk dan gorengan hangat yang bermacam macam, yang biasa disajikan adalah perkedel.

2. Nasi Kuning Solo

Nasi kuning ini wajib kamu coba karena cukup populer di Pulau Jawa. Jika kamu sedang berada disana, kamu akan menemukan makanan ini hampir di seluruh daerah. Proses pembuatan nasi kuning ini juga tidak jauh berbeda dengan biasanya, menggunakan santan dan rempah rempah hingga menciptakan rasa gurih, juga teksturnya yang pulen, dan aroma harum menggugah selera.

Nasi Kuning Solo biasa ditambahkan lauk bami goreng, telur, opor ayam, perkedel, hingga tempe kering. Nasi ini biasa disajikan saat acara besar atau menjadi menu sarapan.

3. Nasi Kuning Banjar

Nasi ini masih sangat disukai oleh warga sekitar. Masih sama dengan nasi lainnya, namun nasi kuning banjar ditampilkan dengan sangat sederhana. Terdapat lauk ikan, ayam, atau telur rebus. Kemudian ada juga ubi dan kering talas sehingga menambahkan tekstur garing dan renyah. Yang membuatnya semakin nikmat adalah penggunaan daun pandan.


Itu dia 3 nasi kuning dari 3 daerah yang berbeda, yang bisa kamu cicipi langsung baik untuk sarapan maupun acara besar. Selamat mencoba!