Berwisata Sembari Belajar Sejarah di Benteng Marlborough

gambar tersebut menyebutkan tentang benteng marlborough gambar tersebut menyebutkan tentang benteng marlborough

Berwisata Sembari Belajar Sejarah di Benteng Marlborough

Pernahkah Anda berwisata di sebuah tempat wisata sembari melakukan napak tilas sebuah sejarah Negara Indonesia ? Pastinya hanya akan Anda lakukan di sebuah museum sejarah Anda akan mempelajari sebuah sejarah bangsa ini.

Namun, bagi Anda yang ingin melakukan perjalanan atau napak tilas terkait sejarah lampau negeri ini, Anda dapat mengunjungi situs Benteng Marlborough di Kota Bengkulu, Pulau Sumatera.

Di benteng ini, Anda dapat merasakan dimana para pejuang berupaya merebut kemerdekaan bangsa ini dari tangan penjajah. Sehingga, benteng ini dapat dijadikan sebagai tempat wisata sekaligus belajar sejarah bagi para generasi penerus bangsa.

Sejarah Singkat tentang Situs Benteng Marlborough

Benteng ini dibangun oleh East India Company (EIC) di tahun 1713 hingga 1719 ketika dibawah kepemimpinan Joseph Callet dan difungsikan sebagai benteng pertahanan terakhir saat Inggris menjajah bangsa Indonesia. Benteng ini beberapa kali dipindah tangankan ketika rezim penjajahan.

Tercatat pada tahun 1825 hingga 1942, benteng ini dikuasai oleh pemerintah Belanda sebagai benteng pertahanan terakhir di Pulau Sumatera. Tahun 1942 hingga 1945, benteng ini dikuasai oleh pemerintahan Jepang saat menjajah Indonesia.

Barulah saat masa kemerdekaan, Benteng ini dialih fungsikan menjadi markas Polri, namun sempat dikuasai Kolonial Belanda saat terjadi agresi militer 1 dan 2, namun saat Belanda berhasil diusir dari Indonesia, benteng ini beralih fungsi menjadi markas besar TNI-AD pada tahun 1950 hingga 1977 dan kemudian diserahkan pada Depdikbud untuk dipugar dan direnovasi serta dijadikan cagar budaya peninggalan sejarah bangsa Indonesia.

Benteng ini terletak di Jalan Benteng, Kebun Keling, Teluk Segara, Kota Bengkulu. Jadi, Anda tidak akan kesusahan untuk menuju ke tempat ini karena lokasi yang mudah dijangkau karena berada di sekitar Jalan Benteng yang merupakan sebuah jalan raya. Benteng ini juga cukup luas, tercatat memiliki luas lahan sekitar 44.100,5 meter persegi dengan panjang240,5 meter persegi dan lebar 170,5 meter persegi.

Benteng ini menghadap ke arah barat daya dan apabila kita amati dari atas, benteng ini berbentuk seperti kura kura dengan kepala mengarah ke arah barat daya. Benteng ini memang merupakan arsitektur khas Negara Eropa dimana semua benteng pun dibangun menyerupai hewan kura kura

Di dalam benteng, terdapat beberapa ruangan yang bisa Anda kunjungi diantaranya adalah ruang tahanan, gudang persenjataan, hingga ruang perlengkapan serta ruang kantor di masa penjajahan. Jadi, Anda dapat berlibur mengunjungi situs bersejarah pada masa penjajahan di Kota Bengkulu sembari melakukan napak tilas di Benteng Marlborough.

Untuk Anda yang sedang merencanakan menghabiskan masa liburan di Kota Bengkulu, rasanya kurang lengkap apabila Anda tidak mengunjungi tempat wisata sejarah yang menjadi salah satu wisata Lombok tersebut

Panduan Cara mencapai ke Destinasi Wisata Sejarah Benteng Marlborough

Nah, bagi Anda yang ingin mengunjungi Benteng Marlborough, Anda dapat menggunakan jasa persewaan mobil bandara ataupun taksi untuk menuju pusat Kota Bengkulu. Jarak tempuh dari Bandar Udara Fatmawati menuju Alun Alun kota Bengkulu sekitar 1,5 jam.

Tetapi bagi Anda yang menggunakan angkutan umum, dari terminal bus Bengkulu, Anda dapat menggunakan bus kota dengan tujuan Alun Alun Kota Bengkulu dan berjalan kaki menuju lokasi tersebut. Jarak Alun Alun Kota Bengkulu dengan benteng memang tidaklah jauh.

Untuk harga tiket, Anda tidak perlu khawatir karena harga tiket masuk tidaklah mahal, yakni cukup membayar Rp 2.500 untuk sekali masuk. Tempat wisata ini buka setiap hari pada jam 08.00 hingga 17.00 waktu setempat. Jadi tunggu apalagi, segeralah berlibur sembari belajar di benteng terbesar di Asia  yang ada di Kota Bengkulu tersebut.

Jadi tunggu apalagi, Anda bisa menuju ke Benteng Marlborough untuk berlibur sembari belajar sejarah tentang era penjajahan. Sebab benteng Marlborough menjadi saksi bisu atas perlawanan masyarakat Indonesia dalam mengusir penjajah.

Benteng Marlborough adalah benteng terbesar di Asia yang berada di Kota Bengkulu, terletak di tengah tengah kota, maka akses menuju benteng Marlborough pun tidaklah sulit. Anda dapat menggunakan angkutan umum atau taksi untuk menuju kawasan wisata yang terkenal di Kota Bengkulu tersebut.